Kamis, 29 Januari 2009

Mau Awet Muda? Yuk Aktif Beraktivitas

Siapa sih yang tak ingin terlihat awet muda? Well.. Ternyata bukan hal mustahil lho terlihat awet muda tanpa pengaruh obat-obatan. Kuncinya hanyalah hidup aktif.

Mereka yang penampilannya lebih tua dari usia yang dimiliki, biasanya pola hidupnya tak banyak bergerak. Apalagi kalau kebiasaan itu sudah berlangsung sejak usia muda. Biasanya golongan ini juga memiliki tingkat kebugaran yang rendah.

Mereka yang penampilannya jauh lebih muda dari usia sebenarnya adalah orang-orang yang mempunyai aktivitas fisik cukup. Mereka yang suka berolahraga dan menjadikan kegiatan ini bagian dari hidupnya, berarti memperlambat proses menua.

Banyak perubahan
Ketika menjadi tua, seseorang mengalami banyak perubahan. Antara lain cepat lelah, berat badan meningkat, kebiasaan buang air besar dan kecil berubah, serta kelenturan sendi, kekuatan, keperkasaan kemauan, dan kemampuan seksual menurun. Begitu pula penglihatan, pendengaran, ketangguhan mental, dan stamina.

Proses menua sayang besar variasinya dari individu satu ke individu lainnya. Tidak mungkin menentukan waktu yang tepat kapan proses itu mulai. Biasanya kita mengatakan seseorang telah menjadi tua pada usia 65 atau lebih. Namun, banyak tanda penuaan sudah terlihat pada usia 30-35 tahun. Bahkan ada yang betul-betul telah tampak tua pada usia 40-an. Sebaliknya, ada juga yang terlihat masih muda dan kuat pada usia 60-70 tahun.

Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa proses menua ditemukan bahwa proses menua yang cepat adalah akibat pola hidup pasif. Contoh adalah penelitian yang dilakukan tim medis di Swedia terhadap lima orang pria muda yang sehat.

Kelima pria muda disuruh tidur-tiduran di tempat tidur selama 20 hari. Setelah diteliti, didapati bahwa curah jantung, kemampuan mengambil oksigen secara maksimal dan kapasitas pernapasan menurun 26, 27 dan 30 persen. Otot-otot dalam tubuh pun ikut mengalami penurunan.

Dari hasil penelitiannya, para ahli menyimpulkan bahwa latihan olahraga yang dilakukan dalam kurun waktu lama menimbulkan pengaruh positif pada kesehatan. Buktinya, mereka jarang sakit sepanjang hidup.

Bagi para lansia, terutama yang telah pensiun, sebaiknya selalu berada dalam suasana senang dan dinamis. Suasana demikian akan membuat Anda selalu sehat dan bugar. Hal itu hanya bisa terjadi jika Anda selalu aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar